Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

canyouhealme.blogspot.com
Terinspirasi dari tugas PPKn yang diberikan bu guru yang sebenernya gampang tapi susah, gampangnya karena tugasnya cuma cari pengertian Budaya Politik menurut para ahli dan susahnya karena yang disuruh cari tuh banyak banget, 15 orang . Dengan berbekal koneksi internet yang sangat tidak cepat gw pun mulai berselancar. Ternyata tidak semudah kalian bayangkan, banyak banget isinya yang sama dari satu situs ke situs yang lainnya karena mungkin hanya copas. Setelah sekian jam mencari akhirnya dapet juga semuanya.

Dan di sini gw mau berbaik-hati berbagi hasil kerja keras gw mencari tugas ini, langsung ajahh…


Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

Rusadi Sumintapura
Budaya politik tidak lain adalah pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh para anggota suatu sistem politik.

Sidney Verba
Sidney Verba
Budaya politik adalah suatu sistem kepercayaan empirik, simbol-simbol ekspresif dan nilai-nilai yang menegaskan suatu situasi dimana tindakan politik dilakukan.

Alan R. Ball
Budaya politik adalah suatu susunan yang terdiri dari sikap, kepercayaan, emosi dan nilai-nilai masyarakat yang berhubungan dengan sistem politik dan isu-isu politik.

Austin Ranney
Budaya politik adalah seperangkat pandangan-pandangan tentang politik dan pemerintahan yang dipegang secara bersama-sama; sebuah pola orientasi-orientasi terhadap objek-objek politik.

Gabriel A. Almond dan G. Bingham Powell, Jr.
Budaya politik berisikan sikap, keyakinan, nilai dan keterampilan yang berlaku bagi seluruh populasi, juga kecenderungan dan pola-pola khusus yang terdapat pada bagian-bagian tertentu dari populasi. Budaya politik adalah suatu sikap orientasi yang khas warga negara terhadap sistem dan aneka ragam bagiannya, dan sikap terhadap peran warga negara yang ada di dalam sistem itu.

Samuel Beer
Samuel Beer
Budaya politik adalah nilai-nilai keyakinan dan sikap-sikap emosi tentang bagaimana pemerintahan seharusnya dilaksanakan dan tentang apa yang harus dilaksanakan oleh pemerintah.

Mochtar Masoed dan Colin MacAndrews
Budaya politik adalah sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap kehidupan pemerintahan negara dan politiknya.

Almond dan Powell
Sutu konsep yang terdiri dari sikap, keyakinan, nilai - nilai dan ketrampilan yang sedang berlaku bagi seluruh anggota masyarakat, termasuk pola - pola kecenderungan khusus serta pola - pola kebiasaan yang terdapat pada kelompok - kelompok dalam masyarakat

Larry Diamond
Budaya politik adalah keyakinan, sikap, nilai, ide-ide, sentimen, dan evaluasi suatu masyarakat tentang sistem politik negeri mereka dan peran masing-masing individu dalam sistem itu.

Walter A Rosenbaum
Budaya politik dapat didefinisikan dalam dua cara. Pertama, jika terkonsentrasi pada individu, budaya politik merupakan fokus psikologis. Artinya bagaimana cara-cara seseorang melihat sistem politik. Apa yang dia rasakan dan ia pikir tentang simbol, lembaga dan aturan yang ada dalam tatanan politik dan bagaimana pula ia meresponnya.
Kedua, budaya politik merujuk pada orientasi kolektif rakyat terhadap elemen-elemen dasar dalam sistem politiknya. Inilah yang disebut “pendekatan sistem”.

Albert Widjaja
Budaya politik adalah aspek politik dari sistem nilai-nilai yang terdiri ide, pengetahuan, adat istiadat, tahayul dan mitos. Kesemuanya ini dikenal dan diakui sebagain besar masyarakat. Budaya politik tersebut memberi rasional untuk menolak atau menerima nilai-nilai dan norma lain.

Lucian Pye
Budaya politik terlebih pada aspek perkembangan politik di negara berkembang, dengan indikator pokok menyangkut wawasan politik, bagaiman hubungan antara tujuan, dan cara standar untuk penilain aksi-aksi politik serta nilai-nilai yang menonjol bagi aksi politik.

Roy Macridis
Budaya politik adalah sebagai tujuan bersama dan peraturan yang harus diterima bersama.

Robert Dahl
Budaya politik adalah aspek politik dari sistem nilai-nilai yang terdiri ide, pengetahuan, adat istiadat, tahayul dan mitos. Kesemuanya ini dikenal dan diakui sebagain besar masyarakat. Budaya politik tersebut memberi rasional untuk menolak atau menerima nilai-nilai dan norma lain.

Dennis Kavanagh
Budayaan politik adalah sebagai pernyataan untuk menyatakan lingkungan perasaan dan sikap dimana sistem politik itu berlangsung. Adapun obyek-obyek politik mencakup bagian dari sistem politik, seperti badan eksekutif, legislatif, dan yudikatif, partai-partai politik, dan kelompok-kelompok organisasi, pandangan-pandangan individual sendiri sebagai pelaku-pelaku politik dan pandangannya terhadap warga masyarakat lain.

Banyak ya? Banyak donk! Sebenernya masih ada lagi sih, tapi karena gurunya nyuruh 15 yaudah 15 aja. Sekian, semoga membantu.

10 comments:

ros memori said...

15 Lgi donk perlu nhe katanya sebanyak-banyaknya
ditunggu

Healme said...

waduh.. sori bgt, tp file2 gw udah banyak yg kehapus
termasuk yg ini

Wirda Jawir said...

thank's banget,ngebantu gw buat ujian

Joy Samuel said...

Thanks

Johanna Tania said...

Thanks banget :D
Ada lagi yang Kay Lawson blm ketemu :(
but thanks!

Kadilah Fajar said...

thanks :D

Anonymous said...

whooaa.. lengkap! thnx bgt.. ;D

jati akbar said...

mkasih,,..

Anonymous said...

min, saran saja kalo post bisa pake sources sebagai references yahhh thanks....

januar surya said...

terima kasih, sangat membantu.

www.kiostiket.com

Post a Comment

Do you care enough to write a comment?